Search This Blog

Cleanroom Disposable Caps: Memastikan Kebersihan dan Keselamatan di Lingkungan Industri

Dalam lingkungan industri, terutama di ruang bersih atau cleanroom, menjaga kebersihan dan keselamatan sangatlah penting. Salah satu produk penting yang dibutuhkan adalah cleanroom disposable caps. Berikut adalah informasi yang berguna tentang produk ini dan mengapa Anda harus mempertimbangkan menggunakan produk tersebut di lingkungan industri Anda. Keuntungan Menggunakan Cleanroom Disposable Caps Mencegah kontaminasi - Cleanroom disposable caps dirancang untuk mencegah rambut jatuh atau masuk ke dalam ruang bersih dan produk yang sedang diproses, yang dapat mengkontaminasi produk dan mempengaruhi kualitasnya. Keamanan - Dalam beberapa jenis lingkungan industri, rambut dapat menjadi bahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan seperti terjepit di mesin atau dapat menjadi bahan yang mudah terbakar. Penggunaan cleanroom disposable caps dapat membantu mencegah risiko ini. Kepatuhan standar industri - Menggunakan cleanroom disposable caps juga penting untuk memenuhi standar dan regula

Mengenal Lebih Dekat ESD Packing Tape dan Fungsinya dalam Industri

ESD Packing Tape adalah jenis perekat khusus yang digunakan untuk melindungi komponen elektronik dari kerusakan akibat elektrostatis. Tape ini terbuat dari bahan khusus yang dapat mengurangi atau menghilangkan muatan statis pada permukaan material yang disentuh oleh tape. Menggunakan ESD Packing Tape memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah: Melindungi produk elektronik dari kerusakan akibat elektrostatis Memastikan keamanan dan keandalan produk selama pengiriman atau penyimpanan Meningkatkan efisiensi proses produksi dan mengurangi risiko kesalahan produksi Meningkatkan kualitas produk dan mengurangi jumlah produk cacat ESD (Electrostatic Discharge) adalah fenomena yang terjadi saat muatan listrik dalam sebuah benda tiba-tiba terlepas dan menyebabkan arus listrik melalui benda tersebut. ESD dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik, bahkan pada tingkat kecil yang tidak terlihat. Oleh karena itu, ESD sangat penting dalam industri elektronik karena dapat men

Mengapa Kebersihan Cleanroom Sangat Penting dalam Industri Farmasi

I. Pendahuluan Industri farmasi merupakan salah satu sektor yang sangat memperhatikan kebersihan dan sanitasi dalam produksinya. Produk-produk farmasi dihasilkan dengan kualitas yang sangat tinggi dan harus memenuhi standar keamanan yang ketat sebelum bisa dijual dan dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu cara untuk memastikan kebersihan dan sanitasi dalam proses produksi adalah dengan menggunakan cleanroom. Cleanroom adalah ruangan atau area yang dirancang khusus untuk mengontrol partikel dan kontaminasi di udara dan permukaan. Dalam industri farmasi, cleanroom digunakan untuk menghasilkan produk yang bersih dan bebas dari partikel dan kontaminasi yang dapat mempengaruhi kualitas dan keamanan produk. Pentingnya cleanroom dalam industri farmasi sangatlah besar. Kualitas produk farmasi sangat tergantung pada kondisi kebersihan dan sanitasi selama proses produksi. Partikel dan kontaminasi yang masuk ke dalam produk farmasi dapat menyebabkan kerusakan pada produk dan bahkan membahayaka

Pentingnya Penggunaan ESD Shielding Bag dalam Industri Elektronik: Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya

I. Pengenalan

A. Definisi ESD Shielding Bag

ESD Shielding Bag adalah kantong atau tas pelindung yang dirancang khusus untuk melindungi komponen elektronik dari kerusakan akibat elektrostatis (ESD). Kantong ini memiliki lapisan yang terbuat dari bahan baku khusus yang memiliki kemampuan untuk mengalirkan muatan listrik secara aman, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada komponen elektronik.

B. Fungsi ESD Shielding Bag

Fungsi utama ESD Shielding Bag adalah melindungi komponen elektronik dari kerusakan akibat elektrostatis selama proses penyimpanan dan transportasi. Dengan menggunakan ESD Shielding Bag, komponen elektronik akan terlindungi dari muatan elektrostatis yang dapat merusak sirkuit elektronik. Selain itu, ESD Shielding Bag juga dapat mencegah terjadinya kebocoran data dan kerusakan pada produk akibat paparan radiasi elektromagnetik dari lingkungan sekitar.


II. Karakteristik ESD Shielding Bag

A. Bahan dasar ESD Shielding Bag

ESD Shielding Bag umumnya terbuat dari bahan dasar plastik polyethylene atau polyethylene terephthalate (PET), yang memiliki sifat anti-statis dan anti-elektromagnetik. Kedua bahan tersebut dapat menghambat pengaliran muatan listrik dan elektromagnetik pada permukaannya. Dalam beberapa kasus, ESD Shielding Bag juga dapat terbuat dari bahan lain seperti aluminized Mylar atau bahan konduktif seperti tembaga atau stainless steel.

B. Kandungan bahan kimia di dalamnya

ESD Shielding Bag biasanya mengandung bahan kimia khusus yang mampu menghambat pengaliran muatan listrik pada permukaannya. Bahan kimia tersebut terdiri dari campuran polimer anti statis dan bahan konduktif seperti karbon, tembaga atau aluminium. Beberapa ESD Shielding Bag juga mengandung bahan aditif lain seperti surfaktan, pengisi atau resin untuk meningkatkan kekuatan dan elastisitas.

C. Kemampuan anti statis dan anti elektromagnetik

ESD Shielding Bag memiliki kemampuan anti statis dan anti elektromagnetik yang sangat baik. Bahan dasarnya yang anti-statis dan anti-elektromagnetik mampu menghambat pengaliran muatan listrik dan elektromagnetik pada permukaannya sehingga komponen elektronik yang disimpan di dalamnya tidak terkena kerusakan akibat elektrostatis. Selain itu, ESD Shielding Bag juga mampu melindungi komponen elektronik dari kerusakan akibat gangguan elektromagnetik yang dihasilkan oleh perangkat elektronik lain yang berada di sekitarnya.

Dalam bab berikutnya, kita akan membahas tentang keuntungan menggunakan ESD Shielding Bag.


III. Keuntungan penggunaan ESD Shielding Bag

ESD Shielding Bag memberikan beberapa keuntungan penting dalam melindungi barang elektronik yang sensitif dari kerusakan akibat elektrostatis, kontaminasi partikel, dan memperpanjang umur penyimpanan barang.

A. Melindungi barang dari kerusakan akibat elektrostatis

ESD Shielding Bag dirancang untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat elektrostatis pada komponen elektronik selama transportasi dan penyimpanan. Karena elektrostatis dapat merusak dan mengganggu kinerja perangkat elektronik, penting untuk melindungi barang-barang elektronik yang sensitif dari elektrostatis. Dengan menggunakan ESD Shielding Bag, Anda dapat mengurangi risiko kerusakan akibat elektrostatis pada komponen elektronik, sehingga meningkatkan kinerja dan umur pakai perangkat elektronik.

B. Mencegah kontaminasi partikel

ESD Shielding Bag juga membantu mencegah kontaminasi partikel selama transportasi dan penyimpanan. Ketika komponen elektronik terkena partikel atau kontaminasi lainnya, dapat menyebabkan gangguan pada kinerja perangkat elektronik dan mengurangi umur pakai. Dengan menggunakan ESD Shielding Bag, partikel dan kontaminasi lainnya dapat dicegah dari mengenai komponen elektronik, sehingga memastikan kebersihan dan kualitas barang terjaga dengan baik.

C. Memperpanjang umur penyimpanan barang

ESD Shielding Bag juga dapat membantu memperpanjang umur penyimpanan barang. Karena komponen elektronik sensitif dan rentan terhadap kerusakan, penyimpanan yang tidak tepat dapat mengurangi umur pakai dan kinerja perangkat elektronik. Dengan menggunakan ESD Shielding Bag, Anda dapat memastikan bahwa komponen elektronik disimpan dengan baik dan terlindungi dari kerusakan akibat elektrostatis dan kontaminasi partikel. Hal ini dapat membantu memperpanjang umur pakai dan kinerja perangkat elektronik.

Dalam keseluruhan, ESD Shielding Bag memberikan banyak keuntungan dalam melindungi komponen elektronik yang sensitif dari kerusakan akibat elektrostatis, kontaminasi partikel, dan memperpanjang umur penyimpanan barang. Dengan menggunakan ESD Shielding Bag, Anda dapat meningkatkan kinerja dan umur pakai perangkat elektronik, serta memastikan kebersihan dan kualitas barang terjaga dengan baik.

IV. Jenis-jenis ESD Shielding Bag

A. Berdasarkan ukuran dan bentuk

ESD Shielding Bag tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran komponen elektronik yang akan disimpan. Beberapa jenis ukuran dan bentuk ESD Shielding Bag yang umum digunakan antara lain:

  • Ziplock bag: merupakan ESD Shielding Bag yang dilengkapi dengan kunci ritsleting dan mudah dibuka-tutup. Ukuran dari ziplock bag bervariasi mulai dari yang kecil hingga yang besar.
  • Bubble bag: merupakan ESD Shielding Bag yang dilengkapi dengan gelembung udara untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap komponen elektronik. Ukuran dari bubble bag bervariasi mulai dari yang kecil hingga yang besar.
  • Gusset bag: merupakan ESD Shielding Bag yang dilengkapi dengan sisi kantong yang dapat diperluas untuk menampung komponen elektronik yang lebih besar. Ukuran dari gusset bag bervariasi mulai dari yang kecil hingga yang besar.
  • Roll bag: merupakan ESD Shielding Bag yang dilengkapi dengan gulungan dan mudah digunakan untuk menyimpan komponen elektronik dalam jumlah besar.

B. Berdasarkan bahan dan ketahanan

ESD Shielding Bag juga dapat dibedakan berdasarkan jenis bahan dan ketahanannya terhadap kerusakan atau korosi. Beberapa jenis bahan dan ketahanan ESD Shielding Bag yang umum digunakan antara lain:

  • Metalized Shielding Bag: merupakan ESD Shielding Bag yang dibuat dari bahan metalized polyester atau laminasi film aluminium. Jenis ESD Shielding Bag ini memiliki ketahanan yang baik terhadap kerusakan mekanis dan bahan kimia.
  • Static Shielding Bag: merupakan ESD Shielding Bag yang dibuat dari bahan kantong plastik transparan dengan lapisan aluminium pada bagian dalamnya. Jenis ESD Shielding Bag ini memiliki ketahanan yang baik terhadap statis dan debu.
  • Black Conductive Shielding Bag: merupakan ESD Shielding Bag yang dibuat dari bahan plastik hitam konduktif dengan lapisan karbon pada bagian dalamnya. Jenis ESD Shielding Bag ini memiliki ketahanan yang baik terhadap statis dan korosi.
  • Pink Anti-Static Shielding Bag: merupakan ESD Shielding Bag yang dibuat dari bahan plastik transparan dengan lapisan anti-statis pada bagian dalamnya. Jenis ESD Shielding Bag ini memiliki ketahanan yang baik terhadap statis dan debu.

Dalam memilih jenis ESD Shielding Bag yang tepat, perlu memperhatikan ukuran dan bentuk komponen elektronik yang akan disimpan serta tingkat ketahanan yang dibutuhkan terhadap kerusakan dan korosi.

V. Cara penggunaan ESD Shielding Bag

ESD Shielding Bag adalah kantong anti-statis yang digunakan untuk melindungi komponen elektronik dari kerusakan akibat elektrostatis selama penyimpanan dan transportasi. Agar penggunaan ESD Shielding Bag efektif, diperlukan pemahaman tentang cara yang benar untuk menggunakannya. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menggunakan ESD Shielding Bag:

A. Persiapan barang yang akan disimpan

Sebelum memasukkan barang ke dalam ESD Shielding Bag, pastikan bahwa barang tersebut telah dibersihkan dan dijaga agar tidak terkontaminasi oleh partikel asing. Selain itu, pastikan bahwa barang tersebut tidak memiliki muatan elektrostatis yang tinggi, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik di dalamnya.

B. Penyimpanan barang dalam ESD Shielding Bag

Setelah persiapan barang selesai, masukkan barang ke dalam ESD Shielding Bag dengan hati-hati dan pastikan tidak ada celah atau lipatan yang terbuka pada kantong tersebut. Pastikan bahwa komponen elektronik yang akan disimpan di dalamnya tidak bersentuhan langsung dengan dinding kantong, karena hal ini dapat menimbulkan gesekan dan muatan elektrostatis.

C. Penyegelan dan penutupan ESD Shielding Bag

Setelah barang dimasukkan ke dalam ESD Shielding Bag, pastikan bahwa kantong tersebut disegel dengan rapat dan kedap udara. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menutup ESD Shielding Bag, yaitu:

  • Heat sealing: Proses penyegelan dengan menggunakan suhu tinggi untuk mencairkan lapisan penyegel di atas kantong dan membuatnya melekat secara permanen.
  • Adhesive sealing: Penggunaan perekat khusus untuk menutup kantong dengan cara melekatkan kedua sisi kantong.
  • Zipper sealing: Penggunaan zipper pada kantong untuk memudahkan akses ke barang yang disimpan di dalamnya, namun zipper juga harus disegel dengan rapat untuk mencegah kebocoran udara.

Setelah penyegelan selesai, pastikan bahwa kantong tersebut tidak memiliki kerusakan fisik atau sobekan yang dapat mengakibatkan kebocoran udara atau partikel asing masuk ke dalamnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, penggunaan ESD Shielding Bag dapat membantu melindungi komponen elektronik dari kerusakan akibat elektrostatis selama penyimpanan dan transportasi.

VI. Cara memilih ESD Shielding Bag yang tepat

A. Menentukan jenis dan ukuran ESD Shielding Bag yang diperlukan

a. Jenis ESD Shielding Bag yang sesuai dengan kebutuhan

  • Static Shielding Bags
  • Metalized Shielding Bags
  • Moisture Barrier Bags
  • Anti-Static Bags

b. Ukuran ESD Shielding Bag yang sesuai dengan barang yang akan disimpan

  • Menyesuaikan ukuran dengan dimensi barang
  • Menyesuaikan kapasitas dengan jumlah barang yang akan disimpan
  • Menyesuaikan ketebalan dengan tingkat perlindungan yang dibutuhkan

B. Menyesuaikan bahan dan ketahanan ESD Shielding Bag dengan barang yang akan disimpan

1. Menyesuaikan bahan ESD Shielding Bag dengan jenis barang yang akan disimpan

  • Plastik polietilen
  • Bahan laminasi aluminium
  • Mylar

2. Menyesuaikan ketahanan ESD Shielding Bag dengan lingkungan penyimpanan

  • Tingkat kelembaban
  • Tingkat suhu
  • Tingkat kebisingan dan getaran
  • Tingkat radiasi dan elektromagnetik

C. Menentukan metode penyegelan yang tepat

  • Heat Sealing
  • Ziplock
  • Tape
  • Twist Ties
  • Clamp atau Clip

D. Mengevaluasi sertifikasi dan standar keamanan ESD Shielding Bag

Mengetahui standar dan sertifikasi ESD Shielding Bag

  • ESD S20.20
  • ANSI/ESD S541
  • MIL-PRF-81705E

Memastikan ESD Shielding Bag telah diuji dan disertifikasi

Memeriksa kelengkapan informasi pada label dan sertifikat

E. Memastikan penyimpanan dan penggunaan yang benar

1. Memastikan ruangan penyimpanan memiliki lingkungan yang sesuai

  • Kelembaban dan suhu
  • Kebisingan dan getaran
  • Radiasi dan elektromagnetik

2. Menyimpan ESD Shielding Bag dalam kondisi yang tepat

  • Tidak terkena cahaya matahari langsung
  • Tidak terkena kontaminan dan partikel
  • Tidak terjatuh atau tergores

3. Menggunakan ESD Shielding Bag sesuai dengan petunjuk penggunaan dan standar keamanan

  • Memastikan produk yang akan dimasukkan bersih dari kontaminan dan partikel
  • Memastikan ESD Shielding Bag tertutup rapat dan tidak rusak
  • Memastikan produk tidak terkena kelembaban dan radiasi

F. Memeriksa harga dan ketersediaan ESD Shielding Bag yang diinginkan

  • Membandingkan harga ESD Shielding Bag dari beberapa pemasok
  • Mengetahui ketersediaan stok dan waktu pengiriman
  • Memilih pemasok yang terpercaya dan berpengalaman

Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, kita dapat memilih ESD Shielding Bag yang tepat untuk menjaga produk kita tetap aman dan terlindungi dari kerusakan akibat elektrostatis. Selalu pastikan untuk memilih ESD Shielding Bag dari produsen terpercaya dan berkualitas untuk memastikan keandalan dan ketahanannya.

VII. Pengujian dan sertifikasi ESD Shielding Bag

A. Pengujian untuk mengetahui kemampuan anti statis dan anti elektromagnetik

ESD Shielding Bag harus melewati sejumlah pengujian untuk memastikan kemampuan anti statis dan anti elektromagnetik-nya sebelum bisa dinyatakan aman digunakan untuk melindungi komponen elektronik. Beberapa pengujian umum yang dilakukan pada ESD Shielding Bag meliputi:

  • Uji ketahanan sistem penghalang elektrostatik (ESD Shielding): Pengujian ini dilakukan dengan mengukur ketahanan lapisan ESD Shielding pada tas. Tes ini dilakukan dengan mengukur perbedaan potensial antara dua titik pada permukaan tas dengan menggunakan volt meter.
  • Uji ketahanan penumpuk statis (Tribocharging): Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui apakah material tas dapat menumpuk muatan statis selama penggunaan normal. Pengujian dilakukan dengan menggosokkan benda kering ke permukaan tas dan mengukur muatan statis yang dihasilkan.
  • Uji ketahanan elektromagnetik (EMI Shielding): Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan tas untuk melindungi dari gelombang elektromagnetik. Pengujian ini melibatkan pengukuran perbedaan medan elektromagnetik sebelum dan sesudah tas ditempatkan di antara dua sumber medan elektromagnetik.

B. Sertifikasi produk ESD Shielding Bag

Setelah melewati serangkaian pengujian, ESD Shielding Bag yang telah lulus dapat mendapatkan sertifikasi yang menunjukkan produk tersebut aman digunakan untuk melindungi komponen elektronik dari kerusakan akibat elektrostatis. Beberapa sertifikasi yang umumnya diperoleh oleh ESD Shielding Bag antara lain:

  • ANSI/ESD S20.20-2014: Sertifikasi ini menetapkan standar yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan ESD di lingkungan manufaktur elektronik.
  • MIL-PRF-81705E: Sertifikasi ini diterbitkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk memastikan bahwa tas pelindung statis memenuhi persyaratan pengemasan dan pengiriman militer.
  • RoHS: Sertifikasi ini menunjukkan bahwa tas telah memenuhi persyaratan Restriction of Hazardous Substances yang dikeluarkan oleh Uni Eropa. Hal ini menunjukkan bahwa tas tidak mengandung bahan-bahan berbahaya yang dilarang oleh RoHS.

Dengan sertifikasi yang tepat, ESD Shielding Bag dapat memberikan perlindungan yang diperlukan untuk memastikan komponen elektronik aman dari kerusakan akibat elektrostatis selama transportasi dan penyimpanan.

VIII. Panduan perawatan dan pengelolaan ESD Shielding Bag

A. Cara membersihkan dan merawat ESD Shielding Bag

ESD Shielding Bag adalah produk yang digunakan untuk melindungi komponen elektronik dari kerusakan akibat elektrostatis selama penyimpanan dan transportasi. Agar ESD Shielding Bag tetap berfungsi dengan baik dan melindungi komponen elektronik secara maksimal, perawatan yang tepat sangatlah penting. Berikut adalah beberapa tips perawatan dan pembersihan ESD Shielding Bag:

  • Pastikan ESD Shielding Bag selalu bersih dan kering sebelum digunakan.
  • Hindari penggunaan bahan kimia atau cairan pembersih yang keras yang dapat merusak lapisan pelindung ESD Shielding Bag.
  • Bersihkan ESD Shielding Bag secara teratur dengan menggunakan kain lembut yang tidak menimbulkan serat atau kertas yang tidak menimbulkan serat dan bahan penghapus yang halus.
  • Pastikan ESD Shielding Bag tidak terkena bahan kimia atau cairan yang dapat merusak lapisan pelindung ESD Shielding Bag.
  • Jangan mencuci ESD Shielding Bag dalam mesin cuci atau mesin pengering.

B. Cara mengelola dan menyimpan ESD Shielding Bag

ESD Shielding Bag harus disimpan dengan benar dan diatur dengan baik untuk memastikan perlindungan yang maksimal terhadap komponen elektronik. Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola dan menyimpan ESD Shielding Bag:

  • Pastikan ESD Shielding Bag selalu dalam kondisi tertutup dan tersegel.
  • Simpan ESD Shielding Bag di tempat yang kering dan bebas debu, terutama saat tidak digunakan.
  • Hindari menyimpan ESD Shielding Bag di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung atau suhu yang ekstrem.
  • Gunakan label identifikasi atau kode warna untuk memudahkan pengelolaan dan identifikasi ESD Shielding Bag.
  • Pastikan ESD Shielding Bag selalu dalam jumlah yang cukup dan siap digunakan pada saat dibutuhkan.

Dengan mengikuti panduan perawatan dan pengelolaan ESD Shielding Bag yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa produk ini tetap dapat melindungi komponen elektronik dari kerusakan akibat elektrostatis secara maksimal.

IX. Kesimpulan

A. Pentingnya penggunaan ESD Shielding Bag dalam industri elektronik dan manufaktur

Dalam industri elektronik dan manufaktur, ESD Shielding Bag sangat penting untuk melindungi komponen elektronik dari kerusakan akibat elektrostatis. ESD Shielding Bag dapat membantu mempertahankan kualitas dan integritas barang, serta mencegah kerugian finansial yang signifikan. Dalam proses produksi, pelanggan perlu mempertimbangkan penggunaan ESD Shielding Bag sebagai bagian penting dari program manajemen ESD (Electrostatic Discharge) mereka.

B. Rekomendasi produk ESD Shielding Bag yang berkualitas dan andal

PT Nagisha Pratama Abadi menyediakan berbagai macam ESD Shielding Bag berkualitas dan andal yang dapat membantu pelanggan melindungi barang mereka. Produk-produk tersebut memenuhi standar kualitas dan keamanan internasional, dan tersedia dalam berbagai ukuran dan tipe sesuai kebutuhan pelanggan. Dengan menggunakan ESD Shielding Bag dari PT Nagisha Pratama Abadi, pelanggan dapat memastikan bahwa barang mereka aman dari kerusakan akibat elektrostatis selama transportasi dan penyimpanan.

C. Bagaimana ESD Shielding Bag membantu pelanggan untuk melindungi barang dan mengoptimalkan operasi industri

Dengan menggunakan ESD Shielding Bag yang tepat, pelanggan dapat memastikan bahwa barang mereka terlindungi dari kerusakan akibat elektrostatis selama transportasi dan penyimpanan. Selain itu, penggunaan ESD Shielding Bag dapat membantu pelanggan mengoptimalkan operasi industri mereka dengan mengurangi kerusakan dan meningkatkan kualitas produk. Dengan mempertimbangkan penggunaan ESD Shielding Bag sebagai bagian dari program manajemen ESD mereka, pelanggan dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Referensi

  1. Electronic Design. (n.d.). What Type of ESD Bag Is Best for You? Retrieved March 26, 2023, from https://www.electronicdesign.com/
  2. SD Static Shielding Bags MEGA Guide. Retrieved March 26, 2023, from https://technimark-inc.com/
  3. Research dive. (n.d.). A Precise Guide to ESD Protective Packaging Industry. Retrieved March 26, 2023, from https://www.researchdive.com

Contact Us


Ruko Simprug Blok A2 - 6, Jababeka 5, Cikarang Timur
Open: from 7 am to 5 pm
0812-9346-196
priyadi@nagisha.co.id